PRODUCT of YOUM SHOP

gallery
SKIN79 Hotpink BB cream spf
gallery
[IMPORT BAG] Limited Stock
gallery
[SHOES] Tweenie
gallery
[Etude House] BB Cream Precious Mineral Bright Fit + Nymph Aura Volumer Set
gallery
[Handmade Shoes] Chanel Prestige

Tuesday, November 15, 2011

RESEP SUKSES LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR)



oleh: PSYCHOLOGIST UGN
(diadaptasi dari: GAUL, edisi 19, 17-23 Mei 2010)


"Kalau saja bisa memilih, mana ada yang mau jauh dari orang tersayang. Tapi kalau sudah terlanjur dihadapkan pada keadaan untuk berpisah, pilihannya cuma dua: lupakan dia atau pertahankan dengan LDR. Kalau Anda memilih yang kedua, berarti Anda wajib membaca tulisan ini!"


Guys, hubungan jarak jauh emang susah buat dijalanin. Tapi kalo kalian udah yakin dengan perasaan masing-masing dan siap menjaga hati biarpun orangnya gak ada di depan mata kita, kenapa nggak? Toh, batasan cinta gak sekedar ruang dan waktu. Selama kita punya cinta yang kuat dan niat yang tulus, hubungan jarak jauh InsyaALLAH berhasil kok ;-D

Nah, supaya hubungan ini bisa mulus dan awet, kamu bisa baca dan praktikkan tips-tips dari psikolog cinta UGN berikut ini. Kalo kalian bisa menjalaninya dengan baik, dijamin kalian bisa mematahkan mitos bahwa "hubungan jarak jauh itu 99% gagal"!


TETAPI,
sebelum baca "rumus-rumus" itu, kalian harus jawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Biar kalian bisa mempertimbangkan kesiapan kalian untuk melakukan LDR. 

1. APAKAH ANDA BENAR-BENAR MENCINTAI PASANGAN ANDA?
Hal ini sebenernya kelihatan sepele dan sering diremehin orang banyak. Karena mereka nganggaep ini suatu kegombalan yang gak perlu diumbar-umbar. Tapi ini sebenernya hal terpenting untuk dicari tahu dalam suatu hubungan percintaan. Coba tanyain dengan pasangan kamu, "Apa kamu bener-bener CINTA sama aku?"
Mungkin kedengeran lucu atau bodoh, tetapi akan jauh lebih lucu dan jauh lebih bodoh lagi kalo kalian udah ngejalanin LDR secara pol-polan, ternyata ada salah satu dari kalian yang cuma nganggep hubungan ini iseng-iseng doang.

2. APAKAH ARAH HUBUNGAN ANDA SUDAH JELAS?
Sebelum menjalani hubungan jarak jauh, sebaiknya kalian sama-sama pastikan dulu. Hubungan ini arahnya ke mana? Apakah ini cuma sekedar 'cinta monyet' anak remaja? Hubungan ini mau dibawa sejauh apa dan mau dibikin gimana? Ajak pasangan kalian diskusi secara serius mengenai ini. Ini penting banget supaya kalian berdua gak sia-sia menjalani LDR ini. Kalo ujung-ujungnya gak serius, buat apa capek-capek diterusin?

3. APAKAH MENTAL ANDA SUDAH SIAP DENGAN SEGALA KEMUNGKINAN?
Semuanya bisa terjadi. Hal inilah yang bisa jadi rintangan terberat bagi hubungan jarak jauh. Jadi, harus disiapin sedini mungkin. Secara mental, kalian pasti bakal ngalamin banyak sekali ujian, misalnya kangen berat tapi gak bisa ketemu, atau si dia lagi sibuk jadi gak bisa ngangkat telepon kamu dan bales SMS kamu, atau bahkan adanya suatu kesalahpahaman yang sebenernya kecil tapi susah buat diselesaikan karena kalian gak bisa ngomong secara langsung. Yang paling berat mungkin, kamu bisa denger hal-hal yang buruk mengenai pasangan kamu yang belum tentu kebenarannya.
Kalo mental kamu gak kuat berarti kamu gak termasuk tipe orang yang bisa ngejalanin hubungan jarak jauh.

4. APAKAH ANDA MEMILIKI SARANA DAN DANA YANG CUKUP?
Menjalani LDR memang butuh sarana dan dana yang memadai. Kalo hubungan yang jarak deket aja bisa menghabiskan banyak uang, bukan berarti hubungan jarak jauh itu murah. Misalnya kamu pengen ngasi kado ulang tahun ke dia, harus ada tambahan ongkos kirim. Kemudian untuk menghubunginya aja perlu pulsa dan fasilitas yang cukup kan?

5. APAKAH ORANG TUA KALIAN BERDUA MENGETAHUI HUBUNGAN INI DAN MENYETUJUINYA?
Orang tua memang yang terpenting dalam hidup kita. Merekalah yang memberi kita kehidupan secara lahir dan batin. Kalau bukan karena mereka, kita bukanlah apa-apa. Jadi, cobalah buat ngasi tahu ortu kita tentang pasangan kita. Kenalin si dia secara baik-baik. Kalo kamu bisa mengambil hati ortu, dijamin selamat dunia akhirat deh!
Backstreet sih boleh aja, tapi ujung-ujungnya harus dibuka. Secara, ortu kan juga berhak tahu. Kalo kalian emang bener-bener serius, jangan pake acara sembunyi-sembunyi. Seandainya ketahuan ortu dan kalian disuruh putus kan gak lucu...


Oke Guys, gimana? Udah mempertimbangkan ke-5 poin di atas?
Kalo kalian ngejawab kelimanya dengan kata YA, silakan lanjut membaca!



HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM LDR:


1. KOMUNIKASI
Faktor terpenting dalam semua hubungan adalah komunikasi yang lancar. Apalagi kalo dalam LDR. Komunikasi yang baik adalah satu-satunya cara untuk menjaga hubungan jenis ini.
So, usahain hubungan selalu lancar dan gak ada salah paham satu sama lain. Jangan ada yang dipendam. Bicarakan semuanya berdua.
Komunikasi yang lancar bukan berarti kalian harus selalu telepon-teleponan, SMS-an, chatting-an, Fb-an, Twitter-an, dll. Tapi yang dikatakan baik itu adalah jika setiap ada masalah, kalian berdua membahasnya secara terbuka dan GAK PAKE BERANTEM!


2. KEJUJURAN dan KEPERCAYAAN
Dua aspek ini yang bener-bener bisa menjadi PERANGKO kalian berdua. Keduanya harus sama-sama melakukannya. Nggak boleh nggak!
Kejujuran dan kepercayaan yang dilakukan bersamaan akan membuat pasangan kamu tenang dan nggak akan mencemaskan kamu. Kalo kamu jujur sama pasangan kamu, nggak ada yang disembunyiin -apalagi soal yang sensitif kayak temen deket yang berlainan jenis- dijamin nggak akan ada masalah besar. Jangan pernah ngebohongin si dia! Kamu juga harus percaya kalo pasangan kamu yang nun jauh di sana gak akan macem-macem atau nyeleweng.
Jika keduanya jujur, dan keduanya saling percaya, ditambah khuznuzhan (prasangka baik) dijamin awet deh!


3. KEJUTAN
Kekurangan hubungan jarak jauh adalah hubungan ini terkesan ngebosenin. Apalagi kalo udah berjalan tahunan. Jadi, kamu harus pinter-pinter bikin kejutan ke dia. Supaya pasangan kamu tetep ngerasa kamu itu ada untuk dia, dan ngerasa bahwa hubungan ini bener-bener hidup dan nyata. Sesekali, beri dia kado di hari-hari spesial, misalnya ulang tahun atau tanggal jadian kalian. Bisa juga sebagai ucapan selamat jika si dia udah dapet sebuah prestasi. Gak perlu mahal, karena si dia pasti GAK AKAN PERNAH ngeliat harga kado kamu, tapi yang penting kamu TULUS dan SELALU INGET sama dia ;-)


4. DEKETIN ORANG-ORANG SEKITARNYA
Sebisa mungkin, kamu berusaha buat deket sama orang-orang yang deket dengan si dia, misalnya temen kampusnya.
Manfaatnya banyak banget:
- Kamu bisa tahu kegiatan dia kalo seandainya dia lagi nggak bisa dihubungi;
- Kamu bisa tahu kalo sesuatu yang buruk terjadi sama dia;
- Kamu bisa punya mata-mata buat ngawasin dia ;-p
Pokoknya bakal beda deh kalo kamu kenal mereka daripada nggak ada sama sekali!


5. MANFAATIN WAKTU
Ada keuntungan lain dari LDR. Kamu yang nggak sering ketemu doi, jadi punya lebih banyak waktu untuk diri kamu sendiri. Kamu bisa ngelakuin hal-hal lain kayak merawat diri, olahraga, belajar giat untuk kuliah kamu, dan mengejar target-target hidup kamu. Jadi pas ketemu nanti, kamu udah bermetamorfosis menjadi orang yang lebih baik, lebih smart, dan sukses. Itu bakal bikin si doi tambah bangga punya pacar kayak kamu.


6. BERDOA
Manusia berusaha tapi Tuhan jualah Yang Menentukan.
Jangan pernah lupa berdoa agar kalian berdua diberi kemudahan dalam hubungan ini, biar semua lancar sesuai rencana. Dan yang penting biar kalian berdua diberi yang terbaik terhadap hubungan ini :-D


Guys, itu dia 6 tips penting yang bisa kamu lakuin biar hubungan kamu sukses. Ayo! Jalani semua dengan keyakinan dan percaya diri. Gak usah dengerin mitos-mitos yang serem tentang hubungan jarak jauh. Karena kalo emang kalian udah SALING CINTA, gak ada masalah dengan yang namanya jarak! Toh, hubungan yang jarak deket aja bisa berakhir dalam waktu singkat kan?
Jadi intinya, nggak ada 'zona aman' dalam percintaan. Yang ada cuma 'zona kenyamanan' yang bisa kalian buat sendiri.
So, semua tergantung USAHA dan DOA kalian berdua!
Smoga sukses ya...


Saya ingin bernyanyi:


Dinda, apa kabar kau di sana?
Lelahkah menungguku berkelana?
Lelahkah menungguku kau di sana?


Sayang, aku kan segera pulang.
Tunggu aku dengan senyuman itu,
tunggu aku dengan senyummu itu.


Bila waktu itu telah tiba,
Coba kenakanlah mahkota itu,
coba kenakanlah mahkota itu,
Masih banyak yang harus ku cari
tuk bahagiakan hidupmu nanti....


Bisa bertahankah, kau di sana?
Bisa bertahankah, sayang?
Coba bertahanlah, bertahanlah kau di sana.
Coba bertahanlah, sayang :')

sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=399295723679

No comments:

Post a Comment